Survei Median: KPK Tak Serius Tangani Korupsi Besar




BERITA LIMA,JAKARTA--Janji Abraham Samad ketika dilatik sebagai ketua KPK adalah menyelesaikan kasus besar seperti mega skandal Bank Century. Publik ketika itu, hinggga kini terus berharap besar terhadap janji ketua baru KPK ini untuk dapat membawa lembaga super body ini menuntaskan beberapa kasus korupsi besar lainnya.

Namun belakangan publik mulai meragukan keseriusan KPK dalam menuntaskan berbagai kasus korupsi besar. Realita itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) tentang kinerja Kepolisian, KPK, dan Budaya Korupsi. Survey yang dilakukan sepanjang 19-25 Juni 2013 ini dilakukan terhadap 1.100 responden yang tersebar di 33 provinsi, dengan Margin of error sebesar +/- 2.87 persen serta tingkat Kepercayaan 95 persen.


Menurut Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, survei telah mencoba menanyakan saat asus korupsi yang saat ini sering menjadi pemberitaan media massa kepada para responden, seperti kasus suap impor daging sapi, kasus simulator, kasus suap PON, kasus korupsi Al Quran, kasus Century, dan kasus Hambalang.


'Dari pertanyaan yang dilemparkan itu, diketahui bahwa publik menilai kesriusan KPK dalam menangani kasus Century hanya 25 persen, untuk kasus hambalang kepuasan publik tinggal 35 persen,' katanya, di Jakarta, Minggu (30/6/2013).


Dalam rilisnya kepada BERITA LIMAnews.com Rico menambahkan, untuk kasus korupsi dengan potensi kerugian negara lebih kecil, keseriusan KPK di mata publik malah terlihat lebih tinggi. Berdasarkan hasil survei, dalam kasus korupsi Al quran, publik menilai keseriusan KPK mencapai 55 persen, untuk kasus suap PON keseriusan KPK mencapai 55 persen, sedangkan dalam kasus simulator 57 persen.


Dan yang lebih menarik, keseriusan terhadap kinerja KPK yang terbesar adalah dalam penanganan kasus suap impor daging sapi, yaitu 85 persen.


'Hasil survey menunjukkan bahwa publik menilai keseriusan para pimpinan KPK menangani kasus korupsi besar seperti dalam skandal Bank Century dan Hambalang hanya sebatas pada janji saja. Bahkan publik merasakan adanya kesenjangan keseriusan KPK dalam menangani kasus besar dan kasus yang lebih kecil,' kata rico marbun.


Menurut Rico Marbun, Sangat disayangkan, keseriusan KPK dalam menangani skandal Century terlihat paling rendah, dibandingkan kasus-kasus korupsi lainnya. Mengingat skandal Century tergolong mega korupsi karena melibatkan uang Negara sbesar 6,7 triliun Rupiah.


'Patut disayangkan, karena dari sisi opini KPK relatif memperoleh dukungan tinggi dari public dibandingakn lembaga penegak hukum lainnya. Sayangnya yang dilakukan KPK malah membongkar kasus berskala puluhan miliar, bukan ratusan, apalagi triliunan rupiah,' pungkasnya.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita Hangat dengan judul Survei Median: KPK Tak Serius Tangani Korupsi Besar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://beritalima.blogspot.com/2013/06/survei-median-kpk-tak-serius-tangani.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, June 29, 2013

Belum ada komentar untuk "Survei Median: KPK Tak Serius Tangani Korupsi Besar"

Post a Comment