Penderita Penyakit Aneh: Terima Kasih Pembaca "Kompas.com"


Tasminati (dua dari kiri), menerima sumbangan dari pembaca kompas.com di kediamannya di Dusun Sabrang Margoyoso Salaman Kabupaten Magelang. Penyerahan didampingi Kepala Dusun setempat, Zarkoni dan Sekretaris Pemdes, Marjan Triyono, Sabtu (29/6/2013). | BERITA LIMA.com/ Ika Fitriana


MAGELANG, BERITA LIMA.com - Tasminati (40), warga Dusun Sabrang RT 4, RW 4, Margoyoso, Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menerima sumbangan dari pembaca BERITA LIMA sebesar Rp 1.375.000. Wanita ini didiagnosa menderita penyakit langka, asites permagna, yang mengakibatkan perutnya membesar penuh cairan.


Oleh dokter RS Dr Sardjito Yogyakarta, ia juga didiagnosis terserang sirosis hepatis child C serta terdapat riwayat ulkus kornea sinistra yang mengakibatkan kebutaan pada mata sebelah kirinya.


Kepada BERITA LIMA, ibu dari Muyasaroh (6,5) itu mengaku senang ada pembaca BERITA LIMA yang masih peduli untuk membantu dirinya. Ia sempat putus asa dan pasrah dengan kondisinya yang terus memburuk. Akibat penyakitnya itu, ia tidak bisa beraktivitas layaknya orang sehat.


'Alhamdulillah, masih ada yang ikhlas membantu saya. Terima kasih untuk pembaca BERITA LIMA,' ungkapnya, Sabtu (29/6/2013).


Bantuan tersebut, kata Tasminati, nantinya akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta menebus obat. Sepulang dari rumah sakit beberapa waktu lalu, ia harus terus minum obat yang berfungsi mengeluarkan cairan perutnya melalui urine.


Istri dari Sarmono (38) itu mengatakan, belum lama ini ada sekelompok dermawan yang membantu pengobatan di RS Dr Sardjito Yogyakarta. Selama lebih kurang 16 hari, Tasminati dirawat di sana. Sejak itu keadaannya sudah lebih baik. Cairan yang ada diperut telah disedot hingga berkurang 6 liter.


'Sekarang sudah bisa berdiri, sedikit jalan-jalan dan nyuapi makan anak saya,' katanya tersenyum.


Selama ini, uluran tangan dari pemerintah yang ia harapkan justru belum pernah ada. Tasminati mengaku tahun ini tidak lagi mendapat Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) ataupun Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Padahal tahun lalu dia mendapatkan jatah tersebut.


Pihak keluarga hingga para perangkat desa setempat juga sudah berusaha mengusulkan dirinya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang agar Tasminati mendapatkan jaminan kesehatan itu. Namun, hingga saat ini belum berbuah hasil menggembirakan.


Sekretaris Pemdes Margoyoso, Marjan Triyono mengungkapkan, pihaknya sudah berusaha mengusulkan nama Tasminati ke Dinas Kesehatan. Namun, tanpa alasan yang jelas, Tasminati tidak mendapat baik Jamkesmas maupun Jamkesda.


'Bahkan, kami pernah membawa Bu Tasminati ke puskesmas agar petugas di sana percaya bahwa memang benar-benar ada warga kami yang sedang menderita dan membutuhkan pertolongan. Tapi tetap belum berhasil,' ujarnya.


Menurut petugas Dinas Kesehatan, lanjutnya, penyakit Tasminati tidak masuk kategori live saving yang dijamin Jamkesmas, seperti jantung, stroke, stres, cuci darah, hidrosefalus dan kanker.


Pihaknya berharap, diagnosis dari RS Dr Sardjito itu, bisa menjadi pertimbangan lagi bagi Dinas Kesehatan agar dapat memberikan Jamkesmas maupun Jamkesda bagi Tasminati.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori BERITA LIMA dengan judul Penderita Penyakit Aneh: Terima Kasih Pembaca "Kompas.com". Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://beritalima.blogspot.com/2013/06/penderita-penyakit-aneh-terima-kasih_30.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, June 30, 2013

Belum ada komentar untuk "Penderita Penyakit Aneh: Terima Kasih Pembaca "Kompas.com""

Post a Comment